making an applique

MEMBUAT APPLIQUE dari PERCA


Applique is a decorative design made of one or more materials sewn over another. Applique adalah tehnik menghias kain dengan cara menempelkan potongan kain diatas kain lainnya.

Tehnik membuat applique umumnya adalah dengan menjiplak gambar di atas kain, memotongnya, lalu menempelkannya di atas bahan pelapis diantaranya bisa menggunakan double adhesive interlining, bahan pelapis non-woven yang punya perekat dikedua sisi, lalu lekatkan diatas kain, dan ditutup dengan jahitan zig-zag atau bordir, atau bisa juga dengan disulam tangan menggunakan tehnik tusuk feston atau semacamnya.

making applique - membuat applique

Selain itu, saya punya tehnik sendiri..membuat applique ala saya.
Aplique adalah bagian dari seni menghias kain. Ada banyak cara menghias kain, diantaranya ada sulam tangan, bordir, patchwork, quilting dan salah satunya applique.
Saya pribadi sangat menyukai applique, kombinasi dari bahan perca dengan bahan utama membuat hasil yang sangat indah dipandang. Semua applique yang ada halaman ini menggunakan bahan perca. Meski terkadang karena begitu sukanya dengan applique, jika motif dan warna pada bahan perca yang ada tidak ada yang sesuai dengan yang dibutuhkan ,, saya buru-buru hunting kain mencari motif yang sesuai dengan rencana.. ^-^



Do you remember with this image.. 
9sewing.blogspot.co.id - cupcake bedding
Yup.. this is Cupcake Duvet Cover I made it few months ago.. I made so many applique to decorate this duvet cover. Check it out HERE to find about Cupcake Duvet Cover.

And I did them all using this way.. Dan semua applique yang ada pada duvet cover tersebut menggunakan cara seperti pada step 1, 2 dan 3 dibawah ini. Jika sebelumnya saya menggunakan cara pembuatan applique pada umumnya yaitu dengan menjiplak motif diatas perca, menggunting sesuai gambar, menempel pada kain utama lalu membordir tepinya..tapi tidak dengan cara saya berikut ini:

Step 1
Buat gambar sesuai keinginan, kalau kamu jahit applique dengan mesin manual, kamu harus menjiplak gambar diatas kain perca terlebih dahulu. Tapi kalau kamu mau pakai mesin komputer kamu tinggal bikin gambar di komputer,, atau kalau kamu punya gambar hasil download boleh digunakan.

Step 2
Pasang kain utama pada hoop, kalau kamu mau tambahkan stabilizer, jangan lupa meletakkan stabilizer tersebut dibawah kain. Letakkan sepotong kain perca untuk applique tepat pada posisi yang kamu inginkan. Jahit outline-nya terlebih dahulu seperti tampak pada gambar. Jika kamu menggunakan mesin manual, maka jahitlah sekeling applique mengikuti motif jiplakan yang tadi sudah kamu buat. Jika kamu menggunakan mesin komputer, tinggal klik start pada mesin dan jadilah outline-nya. Jahitan outline ini yang berfungsi merekatkan perca pada kain, dan jahitan inilah yang nantinya menjadi dasar untuk tahap selanjutnya karena membentuk motif applique yang diinginkan.

making applique - membuat applique
Lalu gunting tepinya tanpa melepas kain dari hoop. Sisakan 2-3mm dari batas jahitan untuk space finishing bordirnya. Atau kalau mau cara aman bisa juga dengan tanpa menggunting tepi-nya..langsung lanjut ketahap/ step 3 yaitu finishing bordir mengikuti outline yang sudah dibuat. Dan bagian tepi digunting setelah applique selesai dibordir. Ulangi cara ini untuk merekatkan bagian lain.

Step 3

making applique - membuat applique

Jahit zig-zag / bordir sekeliling applique. Atau kalau mau finishing dengan sulam juga bisa dengan menyulam menggunakan tusuk feston.
Lakukan hal serupa pada bagian applique yang lain

making applique - membuat applique
Buang bagian yang tidak diperlukan dengan gunting kecil atau alat pendedel seperti pada foto, lalu rapikan tepinya dari serat-serat kain yang tersisa.

making applique - membuat applique
Setelah serat-serat benang sudah dibersihkan semua.. potong sisa stabilizer yang tidak terpakai, lalu setrika permukaan applique agar lebih rapi.
Proses ini saya lakukan berulang-ulang pada motif applique yang lain pada Cupcake Duvet Cover tersebut.. 
And..done.. ^_^

Selamat mencoba
and.. Happy Sewing..

Comments