Neckline Embroidery




Motif Bordir untuk Tunic dan Kebaya

Hi.. weekend is coming yaayyy.. it is my ‘me-time’.. Yupp.. menjahit adalah 'me-time' saya.
Karena mendadak butuh pakai kebaya, jadi kali ini saya mencoba mendesign bordir untuk neckline pada baju wanita. Saya butuh kebaya tradisional.. model kebaya 'Encim' yang ada bordir dibagian lehernya. Cara menjahit kebaya akan saya share dilain artikel. Yang ingin saya share pada laman ini kali ini adalah desain bordir untuk leher kebaya saja. Motif ini dibordir memanjang dari bagian leher sampai pas pinggang. Sedangkan pada bagian pinggang hingga ke ujung bawah kebaya tanpa ada hiasan bordir. Jadi simple, tidak terlalu ramai hiasan bordirnya.
Selama satu jam pengerjaan jadilah design ini.

neckline embroidery - bordir kebaya

Design bordir untuk kerung leher dengan motif bunga dan daun. Bagian bawah agak kurang naik dikit yaa.. well.. that’s ok.. saya cukup puas dengan hasilnya. Daunnya menggunakan warna pink dan bungannya menggunakan warna shocking pink.




Bisa juga dengan pilihan benang dengan warna lain seperti ini.. kombinasi abu-abu kehijauan dan pink keunguan sepertinya lumayan bikin mata seger ngeliatnya ya..
neckline embroidery - bordir kebaya
Motif ini bisa digunakan pada baju wanita, untuk baju muslim atau bisa juga untuk kebaya. Saya suka sekali bordir, karena dengan ditambah bordir bisa membuat baju yang biasa saja jadi kelihatan makin manis. Untuk melihat-lihat motif bordir yang lain bisa buka artikel saya yang lain tentang Neckline Embroidery

Sebenarnya, sejak dulu saya bukan orang yang pandai membuat gambar.. saya hanya mengerti sedikit tentang  cara membuat sketsa ornament yang simple..
Seperti ini cara singkat saya dalam membuat sebuah bentuk ornament hingga menjadi hasil bordir. Cara ini sangat mudah, saya yakin hampir semua orang bisa

CARA MEMBUAT SKETSA ORNAMEN UNTUK BORDIR

how to make embroidery design

Langkah pertama adalah.. Buat garis bantu. Garis bantu sangat dibutuhkan untuk membatasi seberapa besar desain yang akan kita buat.
Jika sudah ada garis, lalu buat sketsa. Lalu haluskan dan lengkapi gambar kamu.
Jika sudah selesai, jiplak motif yang sudah jadi tersebut kemudian buat motif lain.. lalu kombinasikan keduanya.. dan jadilah motif bordir seperti diatas..
So simple isn’t it..


Bagaimana?? Mau mencoba?
Mau bordir apa hari ini..?? 

Semoga bermanfaat.. 

Comments