diy - QUILTED DUVET COVER

MEMBUAT DUVET COVER UNTUK SELIMUT

 [ Part – I ]

CUPCAKE BEDDING


In my home town, during this season is very cool.. Wet season.. Rains every day..
I have many old blankets in my house, and nobody wants to use it. That's why I decided to make a duvet cover. I made this one from scraps.. there is no specific pattern for gathering this scraps. Here I will show you how to make this duvet covers. This duvet cover has interior ties and buttons at the back side. 
Well..stop buying duvet covers!! You can make your own. It is quilted, but this Diy Duvet Covers instructions are easy to follow.

duvet cover with applique diy

Di rumah saya ada beberapa selimut yang sudah kumal.. Mau dibuang sayang ,, tapi tidak ada yang mau pakai juga.. Seandainya dibuatkan duvet cover yang cantik pasti semua mau pakai lagi mengingat saat ini sedang musim hujan.

Saya sudah pernah buatkan duvet cover, kali ini saya ingin membuat duvet cover untuk selimut yang lainnya, dengan memanfaatkan kain perca yang ada.. bukan patchwork yang benar-benar terpola tiap susunannya.. tapi asal susun aja menyesuaikan lebar perca yang ada. Semuanya berupa bagian-bagian berbentuk persegi panjang yang dirangkai menjadi satu dan tiap-tiap bagiannya tidak sama ukurannya. Buat kamu yang lagi cari idea untuk me-recycle selimut tua kamu, mungkin artikel Diy - Quilted Duvet Cover ini bisa membantumu.

duvet cover diy

Untuk sisi depan saya mau pakai bahan warna polos saja. Sedangkan untuk sisi pada bagian belakang saya menggunakan kain bermotif cupcake agar sesuai dengan tema duvet cover-nya. Untuk bahan utama pada sisi depan saya batasi dengan menggunakan 5 warna saja.. selain karena kurang suka dengan kombinasi warna yang terlalu ramai,, kombinasi warna yang terlalu banyak akan lebih menyita waktu dalam proses pemadupadankan-nya. 
Too many color will probably take longer time to decide on which fabric I will choose and how to coordinate them.
Jadi untuk memudahkan saya pilih menggunakan color palette seperti ini. Kombinasi warna ungu muda, pink muda, putih, kuning muda dan hijau tua kekuningan sepertinya cukup manis di mata saya.
I use this color palette.
Saya sangat menyukai applique..dan kebetulan gadis kecil saya maunya dihias dengan applique. Karena duvet cover yang sebelumnya saya hias dengan applique motif bunga, kali ini dia mau dihias dengan applique motif kue yang dia suka.. she really loves donut, cupcake, muffin, burger, ice cream, candy.. and…so much more.. ^_^
Itu sebabnya untuk kali ini saya memilih tema Cupcake.



So, let's get started.....
        
Supplies       :

  • kain perca katun polos warna sesuai color palettes , you may use fat quarter fabric and also you may use your own color palettes
  • 2m busa angin, kalau mau yang lebih padat kamu juga bisa menggantinya dengan Thermolam atau semacamnya.
  • 2m kain katun bahan sprei lebar 250cm untuk bagian belakang (for the back side)
  • motif applique
  • kain aneka warna untuk bahan applique, fabric scarps for the applique
  • selimut buat isiannya
  • and other sewing supplies

Step 1
Ukur selimut yang akan dibuatkan duvet covernya. Selimut saya kali ini ukuran twin size 68” x 86” terbuat dari bahan sejenis polar fleece jadi tidak terlalu tebal.
Potong busa angin seukuran selimut.
Potong-potong kain perca hingga tertutup semua selimutnya.. biar tidak terlalu rumit, potong kain dengan ukuran terserah.. any size you want.. karena yang dipakai kain perca jadi bebas.. secukupnya bahan saja..
Siapkan bahan untuk bagian tepinya, potong memanjang  uk. 7cm x total keliling selimut + lebihkan beberapa centi meter untuk kampuh.
Siapkan kain katun seukuran lebar selimut sebagai penutup bagian bawah duvet. Disini saya menggunakan bahan sprei bermotif cup cakes sesuai dengan tema applique nya.


This one is mine… uhmm.. it looks little bit messy.. I only gathering small pieces of fabrics without following any specific pattern… 
Sambung menyambung menjadi satu..tahap awal kelihatan berantakan sekali yaaa..sempat kepikiran bisa jadi nggak ya..jadi nggak yaaa..hahhaa.. Buang jauh-jauh kekhawatiranmu mari lanjut ke tahap selanjutnya.
well,, let see what I can do with this scraps.. let's continue to the next step..

Step 2
Gather the pieces of scraps. Jahit / sambung semua potongan

Step 3
Bordir applique sesuai keinginan. Karena saya memang suka sekali dengan tehnik menghias kain dengan applique..kamu bisa lihat artikel saya tentang cara singkat membuat Applique pada bagian lain di blog ini.
Lalu lanjut dengan memasang kain untuk tepi pada sekelilingnya.. disini saya memakai kain warna hijau tua sebagai tepinya. Seperti ini hasilnya awalnya..
Setelah sampai pada tahap ini saya masih ingin menambah beberapa applique dengan motif candy and cherry agar lebih "ramai".
applique


Step 4
Lanjut ketahap berikut ini, lihat ilustrasi gambar dibawah.
(image 1) Tempel busa angin pada bagian bawah kain yang sudah dihias dengan applique tadi lalu tindas bagian tepinya terlebih dahulu, seperti tampak pada image 1.
(image 2) Lalu jahit tindas agar lebih cantik. Use straight stitch or rig rag stitch as seen on image 2
(image 3) untuk kain bagian belakang - for the back side :
Jahit kelim 1 sisinya ( sisi bagian atas saja) seperti tampak pada gambar.. only one of 68" side
(image 4) Siapkan kain 8" x 68" dari bahan yang sama dengan bahan untuk bagian bawah duvet cover.. lipat bagian tengahnya lalu pasang pada sisi atas duvet (yang bagian depannya, yang ada applique-nya) seperti gambar 4
(image 5) Lalu buat lubang kancing
(image 6) Buka lubang kancing dengan alat pendedel
(image 7) Pasangkan bagian belakang duvet dengan bagian depannya.
Note : bagian yang dikelim tadi , pasangkan dengan sisi yang ada lubang kancingnya tadi.
Lalu jahit dengan jahitan sambung 3 sisi selimutnya ( note : khusus 3 sisi saja, kecuali sisi dengan lubang kancing, bagian ini tidak perlu dijahit karena untuk memasukkan selimut nantinya.) 
(image 8) Siapkan tali pengait.
4 tali @ 40cm
4 cantolan @ 10cm  + kain kotak sebagai penutup agar rapi.
(image 9) Pasang tali pengait pada tiap sudut pada bagian dalam duvet.
(image 10) Setelah dijahit, lalu balik. Gunakan chopstick atau ujung gunting untuk mendorong bagian ujung agar runcing.
Pada bagian luar.. tepi yang berwarna hijau jahit lurus tengahnya tindas tembus kebawah 3 sisi tadi, khusus bagian dengan lubang kancing jahit tindas juga tapi hati-hati jangan sampai bagian penutup bawahnya ikut terjahit yaa..
(image 11) Kalau dicek dengan cara dibalik kedalam lagi.. posisi tali akan terlihat seperti ini, bagian sambungannya rapi karena sudah tertindas tadi.
(image 12) Pasang kancing pas pada kain yang berpasangan dengan posisi lubang kancing tadi.

duvet cover diy

Beginilah hasilnya tampak bagian belakang, bagian sisi dengan penutup untuk memasukkan selimutnya.

Step 5
Lanjut kerjakan selimutnya.
(image 13) Pasang tali pengait juga pada tiap ujung selimut.
(image 14-15) Ambil duvet cover yang sudah jadi tadi lalu balik bagian dalam keluar sehingga terlihat tali-tali pengaitnya. Pasang selimut pada bagian dalam duvet dengan cara menyatukan tali pada pengait lalu simpul yang rapi seperti tampak pada gambar.
(image 16) Lalu balik keduanya secara bersamaan. Rapikan posisi selimut, ujung ketemu ujung.. kemudian tutup kancingnya.

And.. tadaaa.. my quilted duvet cover with cakes applique is done…
duvet cover diy


duvet cover diy

Really.. really.. LOVE it..
Selimut tua saya tak jadi pensiun..sekarang semua berebut memakai selimut ini..senang rasanya..
Untuk bantalnya, kamu bisa lihat cara membuat bantal untuk cup cake duvet cover
Sekarang silahkan kamu coba bikin sendiri untuk kamar kamu dengan tema yang kamu inginkan..
Ada pertanyaan seputar artikel diatas? kamu boleh tambahkan pada kolom komen dibawah ini. Saya akan coba jawab semampunya.. ^_^

Selamat berkreasi..

Comments

  1. Kece bangettt hasilnya. Jadi pengen belajar jahit.

    ReplyDelete
  2. Jahit tindas untuk quiltnya pake sepatu jahit biasa ya mak? eh bikin videonya dong..hehehe

    ReplyDelete
  3. Asyiik ya mbk klu bisa jahit dn punya mesin jahit. Bisa bikin kreasi kyk gini

    ReplyDelete
  4. Wah selimutnya lucu banget, mbak. Nggak perlu beli selimut baru dong ya

    ReplyDelete
  5. Cantiiiikkkkkk.
    Keren mbk. Selalu terpesona sm kreasi diy begini.

    ReplyDelete

Post a Comment