Cara mudah membuat bantal lantai



FLOOR PILLOW

floor pillow diy - bantal duduk


Jalan-jalan, window shopping ke toko yang menjual perlengkapan rumah sangat menyenangkan. Lihat ini kepingin, lihat itu kepingin.. kalau saja tidak hati-hati bisa khilaf belanjanya.. Belakangan ini saya lihat di toko-toko banyak dijual “floor poufs’ dan “floor pillows’. Empuk-empuk dan cantik-cantik sekali. Ditata sedemikian rupa jadi yang lihat pingin tidur diatasnya.. ^_^
Lihat saja sudah bikin happy apalagi kalau punya ya.. Tapi eitss… tunggu dulu… jangan buru-buru beli, kalau bikin floor pillow saja sih kamu juga bisa bikin sendiri. Itung-itung berhemat dari pada harus keluar extra money kan… Bantal-bantal duduk ini bisa jadi alternative kamu untuk pengganti tempat duduk. Bisa untuk lesehan, nonton TV, jadi duduk di lantai pun tak masalah karena ada bantal yang nyaman dan bantal ini bisa juga mempercantik décor rumah kamu.
Easy and low budget.. Mudah membuatnya dan hemat dikantong.. Mau tau caranya??
Simak bahan yang dibutuhkan dan instruksi lengkapnya berikut ini:



Cara Membuat Bantal Duduk

Bahan dan Cara membuat bantal duduk     :

Velboa 1 ½ mtr (160cm width)
Cording -  tali kur untuk membuat bisban isi
Polyester / silicon fill atau boleh pakai busa atau semacamnya untuk isian dalam bantal ( 1 ½ kg)
Peralatan Jahit ( plus benang bordir atau benang sulam untuk membuat monogram embroidery )

Instructions:
Cuts   :
( A ) Potong persegi 20”(+1”) x 20”(+1”)  Bantal ini berukuran 20” x 20” jadi lebihkan 1” untuk kampuh jahitan. x 2 buah untuk atas dan bawah.
( B ) Potong 3”(+1”) x keliling bantal
( C ) Potong 1” x kelililing bantal x 2

Sewing         :
See illustration
Pada bagian A , pada sisi atasnya saya bordir monogram pada bagian tengahnya. Optional ya.. Boleh dibordir , boleh tidak. Kamu bisa mengganti motif monogram menyesuaikan keinginan. Saya disini menggunakan monogram sebagai initial saja… Monogram ini bisa menggunakan mesin bordir, tapi kamu juga bisa menggunakan tehnik sulaman. Jadi bisa dikerjakan dengan tangan. Atau biar kelihatan lebih exclusive dan makin cantik. Kamu bisa juga menggantinya dengan hiasan temple atau biasa disebut applique . Membuat applique juga tak selalu harus dengan menggunakan mesin, membuat applique juga bisa dikerjakan dengan sulam tangan pula.
floor pillow diy - make a monogram

floor pillow diy - singer futura

Lanjut ke tahap selanjutnya:
Siapkan mesin jahit kamu, atau bisa juga dengan dijahit dengan tangan.
cara membuat bantal lantai
( image 1)  Bagian C, lipat jadi 2, isi dalamnya dengan cording. Tujuannya agar bagian ini lebih berisi.
( image 2)  Jahit / pasangkan C dengan B, pasang pada kedua sisi
( image 3) Setelah dua sisi B selesai dipasangin C plus sudah diisi cording, lalu pasangkan B dengan A

( image 4) Jahit keliling atas dan bawah ( kedua sisi permukaan bantal, sisi atas dan sisi bawah ). Note : pada salah sisi jangan dijahit buntu, sisakan 15-12cm untuk mengisi dalamnya.
floor pillow diy

(image 5) Balik bagian dalam keluar, lalu isikan silicon / serat  polyester ke dalam bantal  . Pastikan terisi dengan padat karena bantal ini buat duduk, jadi harus padat biar tidak mudah gembes. Jika sudah padat terisi, tutup/ jelujur bagian yang terbuka,
(image 6) Jika sudah tertutup rapi, tentukan titik tertentu , disini saya menggunakan 4 titik    
(image 7) Jahit tangan bagian ini dengan menggunakan jarum tangan yang lebih panjang, tusuk bagian yang ada titiknya tembus kebawah, jahit berulang-ulang agar kuat. Tujuannya agar isian bantal lebih “steady’.





And here they are.. You are all done…
floor pillow - bantal duduk murah

Mudah kan..?? Tak kalah keren dengan yang dijual di toko-toko bukan?? Sekarang kamu bisa bikin sendiri floor pillow kamu dengan versi kamu sendiri.. dengan membuat sendiri bisa menghemat pengeluaran dan bikin rumah kamu makin cantik. Bahkan… untuk lebih menghemat, kamu juga bisa manfaatkan kain yang ada di rumah kamu, seperti kain sprei atau gorden lama yang sudah tak terpakai.. untuk isian pun tak harus beli..kamu bisa manfaatin bantal-bantal lama dirumah kamu yang sudah gembes, ambil isiannya lalu masukin ke dalam floor pillow kamu. Jadi seperti artikel-artikel saya sebelumnya…membuat diy-floor pillow ini pun bisa jadi semacam up-cycle project. Gimana??
Selamat Mencoba…
Semoga bermanfaat..

Comments